Home » , » Bahasa Bumiayu

Bahasa Bumiayu



Bahasa Bumiayu adalah sebuah bahasa yang di gunakan warga Bumiayu Kabupaten Brebes Jawa Tengah, hampir sama dengan bahasa yang ada di sekitar wilayah Bumiayu dan sekitarnya seperti PaguyanganTonjong dan Sirampog
Secara garis besar dialek Bumiayu mempunyai kemiripan dengan bahasa ngapak Banyumas dan ngapak Brebes
Bahasa Bumiayu dan sekitarnya mempunyai intonasi dan pemilihan kosa kata yang sedikit berbeda dengan bahasa Ngapak Banyumas seperti kata "bisa/dapat" dalam bahasa bumiayu di ucapkan "bisa" sedangkan di ajibarang ke selatan kata bisa di ucapkan "teyeng"

Beberapa kata yang identik dengan dialek Bumiayu adalah kata "pan" asal kata "arepan" yang bermakna akan atau mau kata "pan" di gunakan di depan subyek kalimat.
contoh ;
"pan maring ndi rika.....? " =  mau kemana anda/saudara...?

dan kata "dog" yang bermakna "tiba/datang"

contoh ;
"nyong nembe dog sing bumiayu" = "saya baru tiba/datang dari bumiayu"

dan kata "manjing' yang bermakna "masuk" dalam bahasa indonesia.




Ada satu kata yang unik di dialek bahasa Bumiayu yaitu kata "manjing' yang bermakna "masuk"
kata "manjing" merupakan kosa kata yang jarang atau hampir tak di gunakan bahsa ngapak Banyumas. jika di kaji lebih jauh kata "manjing" umumnya di gunakan dalam bahasa pewayangan yang  bermakna "masuknya" ruh ke dalam sisi sang arjuna.

Bahasa Bumiayu jelas sekali di pengaruhi Bahasa Sansekerta. Bahasa warisan nenek moyang sekaligus titipan anak cucu masyarakat Jawa
Dalam struktural budaya masyarakat Jawa Bahasa Sansekerta adalah bahasa yang sangat halus dan berada di atas Krama Hinggil.

0 komentar:

Post a Comment